Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pengetahuan

Sistem Hitungan yang Digunakan dalam Permainan Bola Voli Yaitu

×

Sistem Hitungan yang Digunakan dalam Permainan Bola Voli Yaitu

Share this article
Permainan Bola Voli
Permainan Bola Voli

Buletinterkini.com – Sebagai salah satu olahraga yang paling populer di dunia, bola voli tidak hanya mengandalkan kekuatan dan strategi, tetapi juga sistem hitungan yang khas.

Dalam permainan bola voli, pemahaman tentang sistem hitungan adalah kunci untuk memahami dinamika permainan.

Example 300x600

Dalam artikel ini, kita akan mendalami Sistem Hitungan yang Digunakan dalam Permainan Bola Voli.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, penting untuk mengetahui sedikit sejarah bola voli. Permainan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan di Amerika Serikat.

Sejak itu, permainan ini telah mengalami banyak perubahan, termasuk dalam sistem hitungannya.

Sistem Hitungan Lama vs. Sistem Hitungan Baru

Dalam sejarahnya, bola voli menggunakan sistem hitungan tradisional di mana hanya tim yang melakukan servis yang dapat mencetak poin.

Namun, pada tahun 1999, Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) memperkenalkan sistem hitungan baru yang dikenal sebagai “rally point system”.

Dalam sistem ini, setiap rally (pertukaran bola) berpotensi menghasilkan poin, tidak peduli tim mana yang melakukan servis.

Mengapa Sistem Baru?

Alasan utama perubahan ini adalah untuk membuat permainan lebih menarik dan dinamis.

Dengan sistem hitungan lama, pertandingan bisa berlangsung sangat lama tanpa banyak poin yang dicetak.

Namun, dengan sistem rally point, setiap rally menjadi kritis dan menambah ketegangan dalam permainan.

Bagaimana Sistem Hitungan Bekerja?

Dalam sistem rally point, pertandingan dimainkan hingga salah satu tim mencapai 25 poin dengan keunggulan minimal dua poin.

Jika kedua tim mencapai skor 24-24, permainan berlanjut hingga salah satu tim memimpin dengan dua poin. Set pertama hingga set keempat menggunakan sistem ini.

Namun, jika pertandingan berlanjut ke set kelima (tie-break), tim pertama yang mencapai 15 poin dengan keunggulan dua poin akan menjadi pemenang.

Kesimpulan

Dalam dunia olahraga, perubahan adalah hal yang tak terhindarkan. Sistem Hitungan yang Digunakan dalam Permainan Bola Voli telah mengalami evolusi seiring waktu, mencerminkan kebutuhan dan keinginan para pemain, pelatih, dan penonton.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang sistem ini, kita dapat lebih menghargai strategi dan taktik yang digunakan oleh tim-tim dalam pertandingan.

Example 120x600