Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pengetahuan

Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Presisi

×

Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Presisi

Share this article
Jangka Sorong
Jangka Sorong

Buletinterkini.com – Jangka sorong, juga dikenal sebagai vernier caliper, adalah alat pengukur yang sangat penting dalam dunia industri, teknik, dan manufaktur.

Alat ini digunakan untuk mengukur dengan tingkat ketelitian yang tinggi, seringkali hingga desimal. Namun, bagi banyak orang, penggunaan jangka sorong dapat terlihat rumit dan membingungkan.

Example 300x600

Namun, jangan khawatir! Di blog berita ini, kami akan membongkar rahasia cara menghitung jangka sorong dengan presisi dan akurat.

Dengan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti, Anda akan menjadi ahli dalam menggunakan alat ini dalam waktu singkat.

1. Pahami Bagian-bagian Jangka Sorong

Sebelum kita dapat memahami cara menghitung dengan jangka sorong, penting untuk mengenal bagian-bagiannya terlebih dahulu.

Jangka sorong terdiri dari dua bagian utama: rahang tetap dan rahang geser. Rahang tetap adalah bagian yang diam dan terletak di bagian bawah jangka sorong, sementara rahang geser adalah bagian yang dapat digerakkan dan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil.

2. Menentukan Skala Utama

Langkah selanjutnya adalah menentukan skala utama pada jangka sorong. Skala utama ini biasanya terukir di bagian bawah alat dan digunakan untuk mengukur panjang benda yang lebih besar.

Perhatikan bahwa pada jangka sorong dengan satuan milimeter, skala utama biasanya dibagi menjadi 10 bagian.

3. Perhatikan Skala Nonius

Setelah mengetahui skala utama, saatnya untuk melihat skala nonius atau vernier scale. Skala nonius ini berada di rahang geser dan memiliki ukuran yang sedikit berbeda dengan skala utama.

Di bagian atas skala nonius, Anda akan menemukan dua angka desimal, yang akan membantu Anda dalam mengukur dengan ketelitian lebih tinggi.

4. Lakukan Pengukuran

Sekarang, Anda siap untuk melakukan pengukuran menggunakan jangka sorong. Pertama, letakkan benda yang akan diukur di antara rahang tetap dan rahang geser. Pastikan benda tersebut berada dalam posisi yang tepat dan tidak tergeser.

Kemudian, rapatkan rahang geser ke benda hingga kencang. Bacalah angka pada skala utama yang berada sejajar dengan garis tengah skala nonius. Catat angka tersebut sebagai bagian dari pengukuran.

5. Baca Skala Nonius

Tahap terakhir adalah membaca skala nonius. Temukan garis pada skala nonius yang paling cocok dengan skala utama pada rahang geser.

Bacalah angka pada skala nonius yang berada tepat sejajar dengan garis tengah skala utama. Angka ini akan menjadi bagian dari pengukuran akhir Anda.

6. Hitung Hasil Akhir

Setelah Anda memiliki dua angka dari langkah sebelumnya, saatnya untuk menghitung hasil akhir. Ambil angka dari skala utama dan tambahkan dengan angka dari skala nonius. Inilah hasil akhir pengukuran yang harus Anda catat.

Sekarang, Anda telah berhasil menghitung jangka sorong dengan presisi dan akurat. Berlatihlah menggunakan alat ini secara teratur untuk semakin mahir dalam mengukur dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Selamat mencoba!

Example 120x600